Thursday, May 29, 2008

Protect Document Ms.Word

Kemarin benar-benar penat!tapi dibalik kepenatanku itu, ada sesuatu yang menarik untuk ditelusuri.Kemarin saat sedang belajar Struktur Data, di saat akan buat program single linked list,terutama bikin program simpul LIFO dan FIFO, Pak Salimin dosen mata kuliah tersebut memberi contoh copy program di directory C:\.Buru-buru aku copy contoh program dalam format doc tersebut ke drive D:\ di PC tempatku.
Disitu aku mulai membuat program,setelah melalui beberapa contoh procedure yang rada mirip dengan latihan yang diberikan, mata ku merasa jenuh.Lelah!tangan pun rasanya tak kuasa lagi untuk mengetik.Terbesit di benakku untuk copy paste sisa procedure yang tinggal beberapa step lagi.Loh koq nggak bisa ya?.Ah,mungkin kompi ku yang rada nggak beres.mungkin memory nya kurang support.Coba lagi,dan lagi-lagi gagal untuk copy paste.Ada sesuatu yang tidak lazim.Icon-icon di Ms.word ku tidak aktif.Loh?waduh,,,alhasil harus ketik lagi.Beberapa menit kemudian program selesai dibuat.Tinggal di run.Cek lagi-cek lagi….
Saking penasaran, di rumah aku bedah tuh kasus “Nggak Bisa Copy Paste di Ms.Word”.Aku ingat gimana cara protect document kita agar nggak bisa diakses orang lain.Tapi aku salah buka menu,malah buka di menu tools.Ada pilihan protect document.Tapi koq beda,ya?waduh,mulai lagi deh pikunnya.5 menit kemudian satu kasus terpecahkan.Agak mirip dengan cara yang dilakukan dosenku tadi siang.Coba lagi dan lagi,akhirnya semua terpecahkan.ini Hasilnya:

1. Klik tools pada menubar > pilih protect document
2. Lalu conteng allow only this type of editing in the document pada pilihan editing restrictions.
3. Pilih Filling in Forms.
4. Pada start enforcement,klik yes,start enforcing protection
5. Masukkan password (optional) dan confirm,lalu ok.
6. Save,tutup dan buka kembali document yang telah diprotect tadi.Lihat perbedaan document sebelum dan sesudah di proteksi.
7. Untuk mematikan proteksi document,klik tools pada menubar > pilih unprotect document atau klik button stop protection.


N/B:
1. Tracked Changes : Bila ada bagian file yang dihapus, maka akan muncul history di bagian sebelah kanan document oleh user lain.
2. Comments: Isi document Tidak bisa diedit,dan tidak bisa dihapus.Tapi isi document dapat dicopy oleh user lain.
3. Filling in Form : isi document tidak dapat diganggu gugat.Tidak dapat di hapus, dicut, dicopy, dan diedit oleh user lain.
4. No Changes (Read Only): Isi document tidak bisa diedit dan dihapus,tapi dapat dicopy oleh user lain.












1 comment:

Anonymous said...

ooo, gimana ya klo lupa password??


Indosat Blog Contest (SinyalKuat.co.cc)